3:34 pm - Kamis Agustus 17, 0884

Geger, Penemuan Wajan Raksasa di Kutoarjo

650 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Saat hendak menggali tanah untuk pondasi gudang Haryanto tidak memilik firasat apa-apa, namun tiba-tiba ia kaget lantaran cangkul yang ia gunakan menggali membentur besi keras. Perkiraanya pipa saluran air, ternyata setelah digali lebih dalam dan lebar, tampaklah bahwa besi yang membentur cangkulnya adalah sebuah wajan dengan ukuran ekstrem. Diameter 270 sentimeter dengan ketinggian 90 sentimeter. Yang lebih heboh lagi adalah bobotnya yang diperkirakan mencapai satu ton.

Ditemukannya wajan raksasa dari dalam tanah calon bangunan gudang di Jalan MT Haryono Kecamatan Kutoarjo itu membuat warga setempat geger. Berita yang cepat menyebar dari mulut ke mulut ini dan melalui media sosial menyebabkan warga berdatangan ingin melihat langsung.

Kini, rumah Widodo Hadi Pranoto (50) warga Tanjunganom Kutoarjobanyak dikunjungi orang yang penasaran ingin melihat langsung benda yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut.

Sugeng, salah seorang tetangga yang rumahnya persis di depan lokasi penemuan wajan itu kepada sejumlah media mengatakan, lokasi ditemukannya wajan raksasa itu baru dibeli oleh Widodo setelah tiga tahun kosong tanpa penghuni. “Setelah dibeli oleh Widodo, rumah itu akan direnovasi. Para tukang menggali tanah untuk fondasi ternyata menemukan wajan raksasa itu,” kata Sugeng. (29/4/2016).

Wajan ditemukan Haryanto ketika menggali pada kedalaman 15 sentimeter pada Selasa (26/4). “Kami akan membuat fondasi, ketika menggali mata cangkul membentur besi, semula dikira pipa saluran air,” ungkap Haryanto.

Para pekerja menggali dan menemukan wajan tertanam dalam pasangan batu bata kuno. Mereka terus menggali dan menyingkirkan pasangan bata kuno hingga wajan terlihat utuh. Selain itu, pekerja juga menemukan bangunan diduga bekas tungku minyak tanah di bawah wajan itu. Diperkirakan, wajan adalah peninggalan pabrik yang beroperasi ratusan tahun lalu.

Mandor bangunan Mijan mengatakan, pekerja tetap berusaha menyingkirkan wajan karena menghalangi galian fondasi. Namun usaha sejumlah pekerja sia-sia karena beratnya wajan yang diperkirakan lebih dari satu ton.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Tanggapan Terhadap Penyusupan Terjadi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma

2 Mei 2016: Aksi Tolak Tambang Semen Gombong

Related posts