3:34 pm - Senin Agustus 16, 1948

Sejarah Kebumen Tak Tercatat, Perlu Kita Gali Kembali

621 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen NLukuloews – Di Kebumen ternyata banyak tempat sejarah yang belum tercatat resmi secara komplit di Disparbud atau dinas terkait. Padahal jika tercatat dan terkumpul dokumen sejarah secara lengkap, hal itu merupakan kekuatan nilai budaya di Kebumen beriman ini. Banyak situs dan tempat peninggalan jaman Belanda dan cerita sejarah yang patut diketahui oleh anak cucu kita ini, tidak tersejarahkan. Padahal di sana tersimpan bukti bahwa kemerdekaan bangsa kita ini pada tahun 1945, dilakukan dengan ” darah dan nyawa”.

Seperti cerita masyarakat tentang lembah sungai Lukulo , pada masa penjajah Belanda, lokasi tempat ini adalah jembatan dukuh Penambangan (belakang pasar hewan lama) Kebumen. Sebelah timurnya terdapat kelurahan Tamanwinangun, sebelah baratnya dukuh Penambangana desa Kedawung, kecamatan Pejagoan. (foto: bagi. atas -Tamanwinangun, Kebumen- bag.Bawah desa Kedawung- Pejagoan).

Darah dan nyawa yang ditumpahkan pendahulu ini bukan setetes, tapi ribuan nyawa dan genangan darah. Ya, pengetahuan tentang simpanan ini belum banyak di ketahui oleh anak-anak jaman sekarang. Sejarah lama mengisahkan penderitaan moral dan kebodohan generasi kita yang menjadi bagian dari target penjajahan.

Enam puluh sembilan tahun lamanya setelah kemerdekaan ini diperoleh, tetapi kemerdekaan bukannya menjadikan kita negeri produksi seperti cita-cita pejuang, justeru kita miskin budaya. Buktinya mengapa mencari kerja susah, karena budaya nenek moyang kita yang pekerja keras telah mati, itulah sebabnya mengapa kita saat ini menjadi “kuli di negeri sendiri”. Sementara kita menjadi orang yang merugi ? padahal kita kaya.

Seperti halnya, cerita lama masyarakat pada waktu di Lembah sungai Lukulo , pada masa penjajah Belanda, lokasi tempat ini adalah Jembatan dukuh Penambangan (belakang pasar hewan lama) Kebumen sebelah timurnya Tamanwinangun, sebelah baratnya dukuh Penambangana desa Kedawung, kecamatan Pejagoan. (foto: bagi. atas -Tamanwinangun, Kebumen- bag.Bawah desa Kedawung- Pejagoan).

Sebelum 1945 ini, tempat ini mempunyai nilai sejarah, jembatan pada foto gambar ini adalah jalur rakit untuk menghubungkan dukuh penambangan, desa Kedawung dan Tamanwinangun, kecamatan Kebumen, kalau ditarik garis perdagangan pada